Sepatu Adidas Ditemukan Bersama Mumi Berusia 1.500 Tahun

 Dunia

194043920160414cal-The-footwear-worn-by-the-corpse-bears-a-striking-resemblance-to-a-popular-present-day-brand-Photo-Khovd-MuseumKlatenUp – Penemuan jasad yang diperkirakan berusia 1.500 tahun di Pegunungan Altai membuat para tim ahli arkeologi terheran-heran. Pasalnya jasad yang ditemukan tersebut mengenakan sepatu bermerk “Adidas” di kedua kakinya. Padahal merek Adidas baru dibuat pada tahun 1924 oleh Adolf “Adi” Dassler di sebuah kampung di Jerman.

Foto yang dirilis oleh para arkeolog di Mongolia ini menunjukkan seorang wanita purba dalam kondisi diawetkan dan mengenakan sepatu Adidas di sebuah kuburan di Pegunungan Altai, Mongolia. Tak pelak foto tersebut menjadi viral di media sosial.

Saat ini jasad dari mumi tersebut sedang dipelajari oleh para ahli di Museum Khovd, Mongolia. Mumi tersebut ditemukan pada ketinggian 2.803 meter di atas permukaan laut .

Pegunungan Altai membentang di Asia Tengah hingga perbatasan Rusia, CHina, Mongolia dan Kazakhstan. Diketahui pula jika nenek moyang bangsa Turki berasal dari wilayah pegunungan ini.

Menurut salah seorang peneliti dari Museum Khobvd, B Sukhbaatar mengatakan jika jasad yang ditemukan berasal dari golongan elite dan seorang perempuan. Hal ini menurutnya karena tidak ditemukannya busur dalam kuburannya.

“Sekarang kami dengan hati-hati membuka pembalut jasadnya. Setelah ini selesai, para spesialis akan bisa mengatakan secara pasti jenis kelaminnya,” katanya.

Dalam kuburan tersebut juga ditemukan harta benda yang dapat mengungkapkan wawasan yang lebih unik dalam kehidupan Mongolia pada abad keenam masehi.