Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan di Klaten

 Kesehatan, Klaten, Nasional

bpjs ke

KlatenUP – BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS ini adalah perusahaan asuransi yang kita kenal sebelumnya sebagai PT Askes. Begitupun juga BPJS Ketenagakerjaan merupakan pergantian dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Mulai 1 Januari 2014 program Jaminan Kesehatan Nasional ini sudah diberlakukan. Namun hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengerti mengenai BPJS secara detail. Bagi masyarakat umum yang bekerja mandiri atau wiraswasta sangat direkomendasikan untuk membuat kartu BPJS. Dengan menjadi anggota BPJS maka kita akan memiliki asuransi kesehatan layaknya PNS dan karyawan perusahaan swasta. Yang membedakan adalah setiap bulan harus membayar premi BPJS melalui bank BNI, BRI, dan Mandiri sesuai dengan jenis fasilitas kesehatan yang dipilih.

Bagi peserta BPJS perorangan akan membayar iuran sesuai dengan pilihan masing-masing. Ada 3 jenis fasilitas kesehatan yang ditawarkan oleh pihak BPJS antara lain sebagai berikut:

1. Untuk mendapat fasilitas kelas I dikenai iuran Rp. 59.500 per orang per bulan

2. Untuk mendapat fasilitas kelas II dikenai iuran Rp 42.500 per orang per bulan

3. Untuk mendapat fasilitas kelas III dikenai iuran Rp 25.500 per orang per bulan

Pembayaran iuran ini dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulan dan apabila ada keterlambatan dikenakan denda administratif sebesar 2 persen dari total iuran yang tertunggak paling banyak untuk waktu 3 (tiga) bulan. Pembayaran dapat dilakukan melalui bank BNI, BRI, dan Mandiri baik melalui teller maupun ATM. Untuk membayar dapat datang langsung ke bank  dengan menunjukkan nomer virtual account yang telah Anda peroleh saat pembuatan kartu BPJS. Jika ingin melakukan pembayaran premi BPJS menggunakan ATM anda dapat memilih menu pembayaran kemudian pilih menu BPJS. Masukkan nomer virtual account anda dan akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayar.

FORMLokasi kantor BPJS Klaten beralamat di Jl. Pemuda Selatan No. 12 Klaten  tepatnya di samping Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro (Tegalyoso) Klaten.  Untuk memperoleh kartu BPJS anda harus menyiapkan persyaratan untuk membuat kartu BPJS kemudian datang ke kantor BPJS untuk mengisi formulir pendaftaran. Berikut syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat kartu BPJS Kesehatan di Klaten:

1. Fotocopy KK (Kartu Keluarga) sebanyak 2 lembar

2. Fotocopy KTP peserta masing-masing 2 lembar

3. Pas photo berwarna  3×4 masing-masing 2 lembar

Setelah menyiapkan syarat tersebut anda dapat langsung datang ke kantor BPJS Klaten untuk mendapatkan nomor antrian masuk. DIsarankan untuk datang lebih pagi agar mendapat nomor antrian awal. Kantor BPJS Klaten buka pada pukul 07.30 pagi, namun biasanya sebelum jam tersebut sudah banyak orang yang datang untuk mendapatkan nomor antrian. Begitu masuk kantor BPJS silahkan mengambil formulir pendaftaran kemudian diisi dengan lengkap dan benar. Saatnya menunggu dipanggil oleh petugas anda bisa duduk mengantri diruang tunggu.

Berkas persyaratan dan formulir pendaftaran akan diteliti oleh petugas. Kemudian  Anda dipersilahkan untuk memilih pelayanan kesehatan tingkat pertama yang paling dekat dengan alamat rumah Anda. Biasanya petugas akan menawarkan puskesmas atau dokter pribadi yang paling dekat dengan alamat anda. Setelah tahap pertama tersebut anda menunggu dipanggil untuk tahap kedua. Pada tahap kedua ini petugas akan menginput data pribadi anda dan proses pencetakan kartu BPJS dimulai. Petugas akan memberikan nomor virtual account untuk digunakan membayar di bank BNI, BRI, dan Mandiri terdekat. Anda bisa segera bergegas keluar untuk melakukan pembayaran ke Bank atau ATM yang anda pilih. Sesuai melakukan pembayaran Anda harus kembali ke kantor BPJS untuk mengambil kartu BPJS yang sudah jadi. Dengan menunjukkan bukti pembayaran dari bank ataupun printout ATM.

Nah, sekarang anda tidak perlu bingung lagi dengan bagaimana cara menbuat kartu BPJS. Dengan memiliki kartu BPJS anda akan memperoleh fasilitas kesehatan sesuai dengan pilihan Anda. Untuk membuat kartu BPJS ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Jadi anda sebaiknya menghindari calo yang beredar di sekitar anda. Karena mengurus sendiri mudah dan gratis.

UPDATE: Kantor BPJS Kesehatan sekarang pindah di depan kantor Kelurahan Gergunung ‪‎klaten‬ (MAN Sangkalputung arah Jatinom)

Pencarian Terakhir:

  • bpjs klaten
  • kantor BPJS klaten
  • alamat kantor bpjs klaten
  • alamat bpjs klaten
  • bpjs kesehatan klaten
  • kantor bpjs kesehatan klaten
  • syarat membuat kartu bpjs
  • https://klatenupdate com/1259/cara-membuat-kartu-bpjs-kesehatan-di-klaten/

Related Posts