Video Nazi Ahmad Dhani Menuai Reaksi Dari Media Masa Israel

 Nasional

Dhani Kostum NaziKlatenUp – Video klip Ahmad Dhani yang sengaja ia buat untuk mendukung salah sau Calon Presiden (Capres) menuai kritik dari berbagai kalangan. Sekilas tidak ada yang salah dengan video klip yang merupakan modifikasi lagu “We Will Rock You” milik Queen. Tetapi baju Ahmad Dhani yang menampilkan simbol-simbol Nazi telah menjadi sorotan internasional karena mengingatkan dunia akan kekejaman Nazi.

Diawali media Jerman “Der Spiegel yang merupakan media pertama yang mengangkat tentang isu ini, yang kemudian dilanjutkan dengan Majalah Time yang menuliskan berita ini di halaman websitenya. Dan kini media-media masa Israel turut membahas tentang isu tersebut.

Media Israel Haaretz mengangkat isu ini dengan judul Indonesian Political Video Raises Eyebrows with Nazi Iconography” (Video Politik Indonesia Bikin Alis Terangkat karena Simbol-simbol Nazi), kemudian dilaman Times of Israel mengangkat isu mengenai hal ini dengan judul “Indonesia quasi-Nazi Video Cause Stir” (Video Sok Nazi dari Indonesia Bikin Heboh).

Pernyataan Dhani yang sama sekali tidak menyesal atas penggunaan simbol-simbol Nazi dipertanyakan oleh media-media israel tersebut. Padahal Dhani sendiri mengaku bahwa dirinya adalah keturunan Yahudi.

“Apa hubungan antara tentara Jerman dan musisi Indonesia? Kami, orang Indonesia, tidak membunuh jutaan orang Yahudi, bukan?” pernyataan Dhani yang menjadi sorotan.

Kostum yang menyerupai seragam komandan SS Heinrich Himmler yang digunakan Dhani dalam video “We Will Rock You” yang merupakan bentuk dukungannya terhadap Prabowo-Hatta yang menjadi pemicu utama atas kritikan-kritikan ini. Lambang Garuda Pancasila yang muncul pada video klip ini pun dinilai menyerupai lambang elang Nazi.

Dengan adanya kontroversi ini, pihak manajemen Dhani telah menghapus video tersebut dari Youtube. Meskipun demikian video ini terlanjur beredar dan telah dibuka ribuan kali dan banyak di re-upload juga oleh akun lain.

Dhani juga mengakui bahwa dirinya dengan tanpa ijin telah mengubah lirik lagu “We Will Rock You” milik Queen dengan alasan video yang ia buat bukanlah materi kampanye resmi.

Dhani justru merasa heran dengan baju Nazi yang ia gunakan dipermasalahkan. Ia mengaku telah berulang kali memakai baju ini, karena ia menyukai baju militer dan tidak ada yang mempermasalahkan.

Dhani juga mengakui telah memodifikasi lirik lagu “We Will Rock You” milik Queen tanpa izin dengan dalih klip video tersebut bukan materi kampanye resmi.

Related Posts