Xiaomi VR Segera Hadir 1 Agustus Besok, Benarkah?

 Berita, Gadget, Teknologi

KlatenUp – Belum lama Xiaomi mengumumkan kehadiran Mi Notebook Air dan Xiaomi Redmi Pro, kini berhembus kabar jika perusahaan asal Tiongkok tersebut akan meluncurkan produk Virtual Reality besutan mereka yang diberi nama Xiaomi VR. Kabar tersebut bersumber dari teaser yang terpampang di forum negeri Cina yaitu Weibo dengan tulisan mandarin yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Xiaomi VR 1 Agustus 2016. Tampaknya Headset VR ini telah mereka kembangkan beberapa waktu yang lalu, mengingat tanggal yang tertulis pada teaser tersebut mengisyaratkan tanggal kehadiran Xiaomi VR yang dijadwalkan tanggal 1 Agustus besok.

Xiaomi VR - Virtual reality headset dari Xiaomi

Xiaomi VR – Virtual reality headset dari Xiaomi

Pernyataan GM Xiaomi, Tang Mu, beberapa waktu lalu memperkuat kabar segera hadirnya Xiaomi VR. Ia mengatakan bahwa mereka akan merilis perangkat VR Agustus nanti. Hadirnya akun dengan nama @XiaomiVR di website Weibo juga menandakan jika perusahaan ini telah mempersiapkan pelayanan khusus mereka untuk produk VR yang segera akan mereka pasarkan.

Jika kabar ini benar, maka Xiaomi akan menambah ramai pasar VR yang telah lebih dahulu diramaikan oleh Samsung, HTC, OnePlus, serta Sony dengan produk-produk VR mereka masing-masing. Dengan hadirnya perangkat VR milik Xiaomi, hal ini juga menandakan bahwa Xiaomi juga akan menghadirkan Smartphone yang mendukung VR. Namun kabar detail mengenai hal ini belum bisa dikonfirmasi.

Hingga saat ini belum ada penampakan bentuk serta fitur yang akan dihadirkan pada perangkat Xiaomi VR ini. Namun selentingan kabar mengatakan bahwa Xiaomi VR akan mendukung teknologi Virtual Reality milik Google yang bernama Daydream. Hal senada juga sempat disampaikan oleh Mu, bahwa VR headset yang tengah mereka kerjakan akan dapat kompatibel dengan Daydream milik Google. Dugaan sementara Xiaomi akan mengembangkan headset sendiri namun menggunakan platform VR milik Google karena hingga saat ini belum ada platform MIUI yang support dengan headset VR.

 

 

Kabar lain dari Liputan6 menyatakan bahwa keputusan Xiaomi membuat VR mereka sendiri adalah sebuah upaya mereka untuk menyelesaikan masalah yang dialami para pengguna smartphone Xiaomi. Dikabarkan jika perangkat VR yang beredar saat ini tidak dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi MIUI besutan mereka. Keputusan ini dinilai sangat tepat oleh beberapa kalangan. Pasalnya Xiaomi lebih baik mengembangkan perangkat VR mereka sendiri daripada tergantung kepada pabrikan lain yang belum tentu dapat bekerjasama dengan baik.

Belum ada informasi harga resmi yang akan dibandrol pada perangkat Xiaomi VR yang akan dirilis besok. Tetapi jika dilihat dari produk-produk besutan Xiaomi yang hadir dengan kualitas mumpuni yang dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau, kemungkinan besar perangkat Xiaomi VR akan memiliki bandrol harga yang juga lebih murah dibandingkan dengan produk VR pabrikan lain.

 

Related Posts