AS Hancurkan Stasiun Radio ISIS di Afghanistan

 Dunia

image

KlatenUp – Amerika Serikat (AS) mengklaim telah menghancurkan sebuah stasiun radio milik ISIS di Afghanistan, Selasa (2/2). Stasiun yang berada di wilayah terpencil bagian timur Afghanistan yang berbatasan dengan Pakistan itu bernama “Voice of Khalifah”.

Stasiun radio milik ISIS tersebut hancur dalam serangan udara AS. AS Army Kolonel Mike Lawhorn, yang merupakan juru bicara AS-PBB dalam misi di Afghanistan yang dikutip dari AP, mengatakan bahwa pasukan AS  melancarkan dua serangan udara di Achin, Provinsi Nangarhar. Mengenai rincian dari penyerangan tersebut, ia mengaku tidak mengetahuinya.

Kelompok ISIS telah muncul di Afghanistan mulai tahun lalu. Para pejuang ISIS diketahui berada di salah satu distrik yang berdekatan dengan perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Diketahui stasiun radio tersebut digunakan ISIS untuk menyiarkan secara illegal pesan dari para ekstrimis, dan meneror para wartawan yang berada di provinsi Jalalabad. Dengan stasiun radio ini pula mereka merekrut para anggota baru.

Menurut Pejabat Afghanistan, stasiun tersebut mulai beroperasi pada akhir 2015. Menggunakan peralatan penyiaran bergerak, mereka dapat dengan mudah berpindah tempat sehingga membuat mereka sulit untuk dilacak.

Related Posts