Ternyata Virus Zika Sudah ditemukan Sejak 1947 di Uganda

 Dunia

image

Bahaya Virus Zika

KlatenUp – Penyebaran Virus Zika yang sangat cepat kini dikaitkan dengan kasus kelahiran bayi cacat di Amerika. Hal ini menimbulkan sebuah ancaman baru bagi dunia.

WHO pada Senin (1/2), telah mendeklarasikan ancaman global virus zika. Banyaknya kasus kelahiran bayi dengan cacat otak dan ukuran kepala yang yang tidak normal (kecil) di Brazil sejak setahun terakhi mendorong para ahli untuk mendeklarasikan hal ini. Virus ini diketahui juga telah menyebar di Polenisia Perancis sejak dua tahun yang lalu yang bersamaan dengan penyebaran demam berdarah.

PBB mengambil langkah deklarasi ini walaupun masih kurangnya bukti definitif yang membuktikan adanya lonjakan penyebaran virus ini. Deklarasi seperti ini akan memicu adanya peningkatan pendanaan dan penelitian untuk peningkatan perawatan dan vaksin. Seperti diketahui bahwa hingga saat ini belum ditemukam obat untuk menyembuhkan virus Zika.

Virus Zika sebenarnya bukanlah virus baru. Pada 1947 Zika sudah ditemukan di Uganda, namun efek virus ini diyakini tidak membahayakan hingga tahun 2015 yang lalu. Bahkan sebanyak 80 persen dari orang yang terinfeksi Zika tidak merasakan gejala yang serius sebelumnya.

WHO memperkirakan bisa menginfeksi hingga 4 juta orang di Amerika selama tahun depan.

Related Posts