EDP UGM Temukan Penangkal Virus Zika ?

 Nasional

image

KlatenUp – Tim Koordinator Riset Eliminate Dengue Project (EDP) Univesitas Gajah Mada (UGM), Adi Utarini seperti dilansir dari Tempo mengungkapkan penemuan menarik mengenai kemungkinan diterapkannya teknologi EDP pada pertumbuhan virus Zika langsung pada tubuh nyamuk Aedes Aegepty.

EDP Global yang berpusat di Australia bersama tim negara lain dari Indonesia, Vietnam, Brazil dan Colombia selama ini telah menemukan teknologi rekayasa biologis dalam tubuh Aedes Aegepty dengan memasukkan virus Wolbachia ke tubuh indukan nyamuk. Cara ini telah terbukti ampuh dapat mematikan virus cikungunya dan Dengue yang merupakan penyebab demam berdarah.

EDP Global telah mengumumkan adanya kemungkinan penerapan teknologi ini untuk memberantas virus zika. Mereka berharap virus Wolbachia juga dapat memberantas virus zika seperti halnya virus dongue yang sudah terbukti efektif.

Menurut Adi, Aedes Aegepty indukan hasil rekayasa biologis menjadi pembawa wolbachia yang secara otomatis keturunan dari nyamuk ini akan mengandung bakteri wolbachia yang sama seperti induknya. Dengan dominasi nyamuk bervirus wolbachia pada suatu wilayah diharapkan dapat meminimalisir dampak dari virus yang dibawa Aedes Aygepty.

Adi menambahkan hasil dari uji laboratorium mengenai dugaan wolbachia apakah juga efektif memberantas virus zika akan diumumkan dalam waktu dekat oleh EDP Global. Jika benar-benar terbukti, EDP UGM bisa dengan cepat mengadopsi cara ini.

Related Posts