Dishub Kota Jogja Pasang Rambu-Rambu Kecil Petunjuk Arah Wisata

 Wisata

KlatenUprambu rambu kecil jogjaDengan adanya rambu-rambu petunjuk arah wisata, kini keliling kota Jogja menjadi lebih menyenangkan. Bagi wisatawan dari luar kota maupun wisatawan asing pasti sangat terbantu dengan adanya pentunjuk arah wisata ini. Hal ini memudahkan para wisatawan untuk menemukan lokasi wisata di Jogja dengan jalan alternatif lain.

Pemasangan rambu-rambu kecil petunjuk arah wisata ini merupakan proyek dari Dinas Perhubungan Kota Jogja. Proyek ini menggunakan dana APBD 2014 kota Jogja. Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, maka diperlukan fasilitas pendukung bagi wisatawan yang datang ke Jogja. Jika wisatawan merasa nyaman dan mudah dalam menemukan lokasi wisata maka jumlah wisatawan akan meningkat.

Rambu penunjuk jurusan tersebut dibuat lebih sederhana layaknya rambu penunjuk arah yang kerap dijumpai di luar negeri. Di dalam satu tiang, terdapat sejumlah papan dalam ukuran kecil yang masing-masing menunjukkan arah sesuai lokasi yang tercetak di papan rambu.

“Rambu-rambu wisata ini kami buat dengan desain yang lebih kecil dan menarik bagi wisatawan. Sehingga wisatawan dapat dengan mudah membacanya dan tak lagi bingung menemukan lokasi wisata yang akan dituju”, jelas Windarto.

Menurut pengamatan kami rambu-rambu wisata ini telah dipasang di sekitar Titik Nol Kilometer Jogja, kawasan Keraton Jogja, kawasan Kotagede, simpang Gondomanan, dan di simpang Balai Kota Jogja. Dalam rambu-rambu wisata tersebut dijelaskan jarak menuju lokasi yang dituju. Sehingga wisatawan bisa memperkirakan waktu jarak tempuh yang diperlukan untuk menuju lokasi tersebut. Terdapat 2 macam warna dalam rambu-rambu petunjuk arah wisata kota Jogja. Warna coklat menunjukkan lokasi wisata dan budaya dan warna hijau menunjukkan arah jalan.