Cara Dasar Belajar Menyetir Mobil

 Tips dan Trik

Menyetir mobil bukan merupakan hal yang mudah bagi beberapa orang. Bukan hanya kemampuan mempelajari teori dan praktek, tetapi keberanian untuk menyetir juga termasuk faktor yang penting dalam belajar menyetir.

Inilah beberapa Cara Dasar dalam menyetir mobil:

1. Memahami Kondisi Mobil yang kita Pakai

Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam belajar menyetir mobil adalah Kondisi Mobil yang akan kita pakai untuk belajar. Apakah siap dipakai, keadaan mesin baik atau ada masalah dalam stir mobil, cek semua rem serta kopling pastikan berfungsi dengan baik.

2. Memahami Fungsi-fungsi yang ada pada mobil

Yang harus anda lakukan adalah mengenali posisi  tongkat Prosneleng beserta urutan giginya ( 1 2 3 4 5 R untk mundur) dan berusahalah untuk menghafalkannya.

Pahami juga putaran stir full, seberapa besar putaran full ke kiri dan ke kanan.

Belajarlah mengenali efek dari kopling dengan cara menekan atau menginjak dan lepaskan secara perlahan-lahan jangan sampai mesin mati karena anda melepaskan kopling terlalu cepat.

Pada pedal gas, kenalilah seberapa efek dari gas yang anda injak, tidak perlu full menginjak pada proses pembelajaran dan juga pelajari posisi pedal mobil.

Yang terakhir adalah kenali pedal rem, pelajario seberapa efek dari rem yang anda injak.

3. Cek Posisi Porsneling Mobil Sebelum menyalakan mesin

Pastikan anda selalu mengecek kondisi tongkat prosneling dalam posisi netral / 0. Posisi netral umumnya ada di tengah-tengah antara gigi 3 dan gigi 4, atau anda bisa menggoyangkan kekiri dan kekanan untuk mengetahui lebih jelasnya.

Periksa juga posisi Handrem atau Rem Tangan yang terletak disebelah kiri tempat duduk sopir.

Hal ini adalah posisi aman dalam tahap awal anda belajar menyetir mobil. Pastikan Handrem dalam keadaan tidak aktif  ( turunkan tuasnya).

4. Posisi Duduk Di Belakang Kemudi Senyaman Mungkin

Sekarang ambil posisi duduk dibelakang kemudi dengan senyaman mungkin. hal ini diperlukan karena posisi duduk kita akan menentukan kenyaman mengemudi kita baik pada saat belajar maupun bagi yang sudah ahli dalam mengemudi. sandarkan badan anda ke belakang secara normal jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu memajukan badan kedepan, Lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita.

5. Pahami Posisi Stir

Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik nol tersebut yaitu kita bisa liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi setir kita akan berada di posisi titik nol pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T.

6. Mulai menyalakan mesin Mobil

Selanjutnya mulailah dengan menghidupkan posisi mesin mobil, putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu.   maka biasanya akan terlapas dulu dari posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di speedometer mobil anda beberapa lampu tanda yang akan menyala dengan warna merah atau orange, namun di posisi tersebut kondisi mesin mobil belum bisa hidup. Kemudian putar sekali lagi keposisi kanan , maka secara sepontan mesin mobil akan menyala. Anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin mobil anda .

7. Pelajari Posisi kaki anda

Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal mobil yang benar, posisi pedal kopling yaitu posisi pedal paling kiri.  Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling saja tidak bisa berpindah ke pedal yang lain. Dan posisi kaki kanan berfungsi untuk Remdan pedal gas. Ingat kaki Kiri hanya satu tugas kopling  dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menekan pedal GAS dengan lembut, Pelajari dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya. Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba  untuk menekan posisi pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar / tidak rata (naik ataupun menurun).

8. Mulai mnjalankan mobil

Tekan pedal Kopling secara peniuh / full dan tekan pedal Rem secukupnya saja . kemudian masukan Posisi presneling keposisi kiri, atau anda  tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah depan untuk masuk ke Gigi 1.  Namun bila anda menginginkan untuk menjalankan mobil ke arah mudur maka tahan posisi tongkat presneling ka arah kanan sampai mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi presneling atret ( bunyi krek).

9 . Posisi Tumit kaki ketika menyetir

Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali . Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secara perlahan. Rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengangkatan dari kaki kiri maka mulailah  mengangkat sedikit demi sedikit kaki kanan dari pedal Rem dalam keadaan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil.

10. Menikmati Laju Mobil

Mobil sudah mulai bergerak,  Berusahalah untuk rileks dan tenang, dan nikmati laju dari mobil tersebut. jangan terburu-buru melepakan pedal Kopling, tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap siaga / stanby pada posisi Rem.

11. Mulai menggunakan pedal GAS

Jika anda sudah sedikit lebih tenang  dan bisa mengemudikan mobil dengan rileks walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan perlahan lepaskan kopling  lepas hingga habis namun pastikan posisi kaki kiri tatap siap pada posisi pedal kopling dengan kondisi tumit sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada pedal kopling dan mulai pindahkan kaki kanan dari pedal REM ke pedal GAS.

JANGAN MENEKAN PEDAL GAS DENGAN TENAGA, lakukan injakan lembut kaki kanan anda di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya, maka hasilnya saya pastikan akan menimbulkan dengungan mesin yang halus,   sentuh sedikit demi sedikit. Sesuai keinginan anda seberapa cepat mobil melaju, tetapi dalam tahap ini tentunya cukup pelan saja.

12. Belajar Menikung

Saat anda memasuki keadaan jalan yang menikung, lakukan pemutran stir dengan tenang dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikan standby di posisi REM . Semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget, saat anda pada posisi menikung. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti akan fatal. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulakan kecelakaan di posisi menikung.

SELAMAT BELAJAR!

Pencarian Terakhir:

  • teori mengemudi mobil
  • TEORI MENYETIR MOBIL
  • teori mengemudi
  • tutorial mengemudi mobil
  • teknik dasar menyetir mobil
  • cara atret mobil
  • fungsi kopling pada mobil
  • teori setir mobil
  • posisi pedal mobil
  • putaran setir mobil

Incoming search terms:

Related Posts