Kali Dengkeng Meluap 9 Desa Terendam Banjir

 Berita, Klaten, Peristiwa, Regional, Solo Raya

banjir sdit sinar fajar cawasKlatenUp – Hujan deras cukup awet yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Klaten mengakibatkan meluapnya kali Dengkeng. Akibatnya 9 desa yang berada dekat dengan aliran sungai ini terendam banjir, Senin (30/5). Dari pantauan wartawan hingga Selasa (31/5) pagi genangan air masih setinggi lutut.

Operator Pusdalops BPBD Klaten, Arif Fuad Hidayah menjelaskan meluapnya kali dengkeng akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak pukul 17.00 WIB. Akibat luapan sungai ini beberapa desa di tiga kecamatan terendam air. Sebanyak enam desa di Kecamatan Bayat yakni Desa Talang, Desa Kebon, Desa Jotangan, Desa Wiro, Desa Krikilan dan Desa Tawangrejo. Kemudian di Kecamatan Cawas mengakibatkan Desa Bawak terendam air. Kemudian di Kecamatan Trucuk air merendam Desa Kalikebo dan Desa Planggu.

Meskipun tidak mengakibatkan adanya korban jiwa, meluapnya Kali Dengkeng mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian 30 hingga 100 centimeter. Arif mengaku untuk membantu para korban pihaknya berkoordinasi dengan Camat, Perangkat Desa dan tim SAR beserta para relawan agar dapat bergerak dengan cepat dan tepat sasaran.

Camat Cawas Much Nasir mengungkapkan pemicu utama banjir yang terjadi di Kecamatan Cawas adalah jebolnya tanggul sebelah barat Jembatan Modran dan Sisi Selatan Talang Bayat. Menurutnya hal ini telah dikoordinasikan tadi malam kepada pihak Camat Bayat agar dapat cepat diperbaiki.

Nasir menegaskan keadaan ini sangat mengkhawatirkan, pasalnya ada pemukiman yang terletak di Jembatan tersebut. Mengenai sekolah yang terkena dampak banjir, pihaknya sudah melakukan pengecekan dan hanya SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas yang terendam banjir. Agar tidak mengganggu ujian kenaikan kelas, pelaksanaan ujian akan dipindahkan ke sekolah induk SDIT tersebut yang terletak di sebelah barat.