Batal di Sentul, Moto GP akan Digelar di Palembang 2018

 MotoGp, Olahraga

image

KlatenUp – Kemenpora telah memutuskan Kota Palembang untuk menjadi tuan rumah dari ajang bergengsi yaitu Moto GP. Namun, kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2017 harus mundur.

“Setelah dipertimbangkan secara matang, Kemungkinan Moto GP akan digelar di Sumsel tepatnya di Palembang.” Ujar Gatot S Dewa Broto.

Sebelumnya, Kemenpora Imam Nahrawi mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari Tim Dorna di kawasan Senayan, Jakarta. Pada pertemuan itu, Indonesia meyakinkan Tim Dorna untuk meminta kelonggaran waktu tentang penyelesaian draft kontrak dan masterplan Moto GP, walaupun sirkuit yang nanti akan digunakan masih belum jelas.

Jakabaring dipilih sebagai area balapan karena Tegal Alur dan Jakarta tidak siap secara anggaran. Selain itu, Alex Noerdin juga menawarkan Palembang sebagai tuan rumah untuk balapan Moto GP tersebut. Meski Alex menyanggupi untuk membangun sirkuit, namun dia memastikan bahwa Moto GP akan digelar pada tahun 2018.

“Bapak Alex Noerdin tidak menyanggupi jika balapan digelar pada tahun 2017 karena waktunya yang begitu mepet. Jadi, InshaAllah kami berusaha agar Moto GP diadakan pada tahun 2018 di Jakabaring. Apabila Dorna datang lagi, kami juga akan melibatkan Sumsel untuk bernegosiasi.” Ujarnya.

Masalah anggaran dana, gatot menyebutkan bahwa Sumsel telah menjamin dana yang dicairkan merupakan dana dari APBD bukan APBN. Selain itu, dana juga ditopang dari pihak sponsor dan swasta.