Wah Stadion Olahraga Ini Berbentuk Gelembung yang Tembus Cahaya

 Berita

image

KlatenUp – Melihat stadion unik dengan berbagai macam arsitektur adalah hal yang mudah ditemui saat ini. Akan tetapi stadion satu ini benar-benar unik dan ini adalah satu-satunya stadion di dunia yang bentuknya menyerupai sekumpulan gelembung.

Stadion unik ini baru saja dibangun di gelanggang olahraga kawasan Lamezia Terme Italia. Stadion yang berada di antara Tyrrhenian dan Pantai Lonia di Calabria ini merupakan hasil imajinasi tim arsitektur Vittorio Grassi Architetto and Partners.

Mengutip laman Rumah.com, ternyata gelanggang olahraga tersebut memuat 4.000 kursi dengan luar 8.000 meter persegi. Bahkan kapasitas kursi tersebut dapat bertambah jika ada perhelatan yang lebih  besar, misalnya konser atau konferensi.

Gelanggangan ini mampu mengoptimalkan pencahayaan siang hari sebab tim Vittorio Grassi memang sengaja membungkus gelanggang dengan membrene tembus cahaya ETFE. Selain itu, bentuk bangunan dibuat agar penonton dapat melihat dekat permainan yang ada di lapangan.

Karena desain dan struktur dibuat tembus cahaya, maka ketika siang hari dan malam hari pancaran cahaya akan berubah-ubah. Selain itu, sikulasi udara di dalam gelanggangan dapat berjalan dengan baik.

Jika anda yang belum terbiasa melihatnya pasti akan kagum karena bentuknya begitu unik. Bentuk gelanggangan dibuat likuid dan asimetris sehingga jika diperhatikan persis dengan bebatuan yang ada di garis pantai.