Komunitas Grafiti Klaten Berjuang untuk Memperindah Wajah Klaten

 Klaten, Solo Raya

KlatenUpKlaten, Banyak tembok-tembok di wilayah Klaten yang tidak enak dipandang mata akibat adanya corat-coretan tulisan yang tidak jelas maksud dan tujuan mereka mencorat-coret tembok-tembok tersebut. Tentu hal ini membuat wajah Klaten menjadi hilang keindahannya.

Komunitas Grafiti Klaten

Hal ini menarik perhatian para pemuda yang tergabung dalam Komunitas Grafiti Klaten untuk turut ikut serta memperindah wajah Klaten. Dengan bekal cat tembok warna-warni mereka menggambar menutupi corat-coretan pada tembok dengan gambar grafiti yang mereka buat. Dengan gambar grafiti yang mereka buat ini mereka berharap wajah Klaten akan terlihat lebih enak dipandang dan mempunyai nilai seni tersendiri daripada corat-coretan tanpa makna.

Apa nama Komunitas Grafiti Klaten Ini?

Komunitas grafiti Klaten ini adalah “Street art Klaten“. Dengan anggotanya para pemuda-pemudi penggemar grafiti dan bahkan sebagian besar dari mereka masih berstatus sebagai pelajar. Disamping menyalurkan hobi mereka dengan membuat grafiti, Komunitas Grafiti Klaten juga berusaha untuk menutup corat-coretan pada tembok dengan gambar grafiti yang tentunya lebih enak dipandang mata.

Dimana Komunitas Grafiti Klaten ini beraksi?

Salah satu tempat mereka untuk menyalurkan hobi grafiti ini adalah beberapa tembok yang berada di wilayah Dlimas, Ceper, Klaten. Dengan cat tembok warna-warni yang mereka bawa, mereka menutupi corat-coretan tidak bermakna dengan ide yang mereka tuangkan dalam bentuk gambar grafiti. Tentunya gambar grafiti yang mereka buat akan lebih indah daripada corat-coretan tembok yang tidak berarti tersebut.

Menurut Bayu (18) yang merupakan salah satu anggota dari Komunitas Grafiti Katen yang bernama Street Art Klaten, mereka memang menyalurkan hobi mereka pada tembok-tembok, namun seni grafiti ini juga merupakan sebuah bentuk kepedulian mereka akan keindahan tata kota Klaten.

Aksi Komunitas Grafiti Klaten dalam membuat seni grafiti memang sering dilakukan oleh komunitas ini. Bahkan mereka rela menguras isi dompet sendiri untuk melakukan aksi mereka ini untuk membeli cat tembok dan kuas serta peralatan lainnya. Meskipun belum ada perhatian dari pihak terkait, komunitas grafiti klaten ini menginginkan agar seni grafiti tetap ada di Klaten untuk mewujudkan Kota Klaten yang indah tanpa coretan tembok tanpa arti.

Related Posts