Menghisap Sisha Akan Dilarang Di Singapura

 Dunia

Menikmati Sisha di SingapuraKlatenUp – Keputusan Pemerintah Singapura untuk melarang warganya menghisap sisha ditempat umum menuai banyak kontroversi. Bagi para importir dan penjual sisha, keputusan ini sangat telak merugikan usaha mereka.

Dalam sidang parlemen, Menteri Kesehatan Singapura Faisal Ibrahim mengatakan bahwa larangan pembuatan ijin baru untuk impor dan penjualan sisha akan berlaku pada bulan ini. Pemerintah memberikan kelonggaran terhadap perusahaan importir dan penjual sisha yang sudah memiliki ijin untuk beralih usaha hingga batas waktu yang ditentukan , yaitu juli 2016.

 

Apa yang menyebabkan sisha dilarang di Singapura?

Larangan kepada warga Negara Singapura untuk menggunakan sisha terkait dengan hasil survey pemerintah terhadap konsumsi produk tembakau alternatif. Hasil survey yang dilakukan dari tahun 2009 hingga 2012 ini sangat mencengangkan. Proporsi pelajar dalam mengkonsumsi tembakau alternatif naik tajam dari 2 persen ditahun 2009 naik menjadi 9 persen pada 2012.

Menurut Faisal, kenaikan ini terkait dengan anggapan masyarakat bahwa sisha tidak terlalu berbahaya dibanding tembakau. Padahal menurut para pakar kesehatan, menghisap sisha membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan merokok, maka menghisap sisha tentunya lebih berbahaya.

“Terkait risiko kesehatan dengan merokok shisha dan untuk mencegah proliferasi shisha di Singapura, maka kementerian kami berniat untuk melarang impor, distribusi dan penjualan shisha,” ujar Faisal.

 

Related Posts