Menteri Agama Tagih Janji Penambahan Kuota Haji ke Arab Saudi

 Klaten, Solo Raya

image

KlatenUp – Dalam pidato sambutan upacara Tawur Agung Sasih Kesanga di halaman Candi Prambanan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan kemungkinan adanya tambahan kuota haji untuk Indonesia. Menurutnya hal ini merupakan janji dari pemerintah Arab Saudi pada tahun lalu kepada pemerintah Indonesia dan perlu ditagih.

“Insya Allah besok saya bertolak ke Saudi menemui Menteri Haji dan Wakaf di sana untuk menandatangani berapa kuota haji kita sesungguhnya,” kata Lukman, Selasa (8/3).

Janji Raja Salman kepada Indonesia adalah menambah kuota haji pada tahun ini sebanyak 10 ribu orang atau menjadi sekitar 178.800 orang dari tahun sebelumnya sebanyak 168.800 orang. Namun diungkapkan Lukman jika hingga saat ini kuota haji tahun ini yang diberikan Arab Saudi masih sama seperti tahun lalu.

“Saya diperintah Presiden Joko Widodo untuk menanyakan tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu orang itu. Mudah-mudahan bisa dipenuhi,” tambahnya Lukman.

Dari data Kementerian Agama pemberangkatan calon haji tahun 2016 gelombang pertama akan dijadwalkan berangkat pada 9 Agustus. Dan pada 8 Agustus calon jamaah dijadwalkan sudah masuk asrama haji. Kemudian pemulangan jamaah haji dijadwalkan pada 17 September.

Mengenai Asrama Haji Donohudan yang masih menjadi tempat penampungan sementara pengikut Gafatar sejak 24 Januari lalu, Kepala Urusan Pelayanan dan Promosi Asrama Haji Donohudan, Turmudi mengaku yakin jika eks Gafatar akan dapat segera dipulangkan sebelum musim haji tiba.

Related Posts