Apasih Filosofi Huruf Awalan “i” Pada Produk-Produk Apple

 Internet, Teknologi

image

KlatenUp – Brand ponsel pintar iPhone tentu sudah dikenal banyak orang. Bahkan nama produk berawalan “i” sudah sangat identik dengan perusahaan pembuatnya yaitu Apple. Namun apakah anda mengetahui bahwa huruf “i” pada produk-produk besutan Apple punya kisah yang menarik?

Dikutip dari laman Independent, Senin (22/1), filosofi huruf “i” bermula dari produk iMac yang diluncurkan Apple pada tanggal 7 Mei 1998. Pada saat itu pendiri Apple, SteveJobs menggunakan awalan huruf “i” pada produk iMac sebagai tanda datangnya era dimana komputer dan intenet menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi penggunanya.

“Pengguna ingin apa yang mereka inginkan dengan komputer Apple, yaitu internet. Oleh karena itu, kami pikir internet menjadi representasi penting bagi produk kami,” papar Jobs waktu itu.

Ternyata dibalik branding produk Apple, huruf “i” menjadi representasi dari Internet yang kini menjadi kebutuhan wajib bagi pengguna komputer saat ini. Dan terbukti dengan penambahan awalan huruf “i” pada produknya, brand mereka menjadi sangat kuat dan dikenal banyak masyarakat.

Karena inilah SteveJobs juga mempertahankan awalan huruf “i” pada produk-produk Apple selanjutnya yaitu iPhone dan iPad. Hingga kini huruf “i” bukan hanya untuk internet, huruf ini juga dapat diartikan sebagai individu, instruct (memerintah), inform (memberi informasi), inspire (memberi inspirasi), dan “i” bisa diartikan sebagai “kita”.

Sejak peluncuran pertama iPhone bukan hanya produk fisik saja yang berawalan huruf “i”. Apple juga menyematkan huruf ini pada produk-produk software buatannya. Apple -pun tak segan untuk merombak software-software baku yang mereka sediakan pada produk mereka seperti iTools, iMessage dan yang lainnya.