Petani Diminta Waspadai Pupuk Palsu yang Beredar di Klaten

 Klaten, Solo Raya

image

(foto: mediaindonesia)

KlatenUp – Pupuk yang diduga palsu beredar di Klaten. Para produsen dan distributor pupuk bersubsidi akan bersikap tegas kepada para penyalur dan kios yang menjual pupuk palsu ini. Tindakan tegas akan berwujud berupa sanksi pencabutan ijin kios dari daftar penyalur resmi pupuk subsidi. Diketahui kemasan pupuk palsu ini sama persis seperti kemasan pupuk milik PT Petrokimia Gresik (PKG).

“Di kasus ini sebenarnya yang dirugikan bukanlah kami sebagai produsen dan distributor, namun para petani yang menggunakan pupuk itu”, kata Supervisor Sales PT PKG untuk eilayah Klaten, Boyolali dan Sragen, Sigit Cahyono, Rabu (3/2/2016).

Kemasan dan merk pupuk palsu yang dinilai menyerupai pupuk milik PT PKG sempat dipertanyakan pihaknya kepada yang berwenang mengenai izin produksinya. Pada kemasan itu yang membedakan hanya tidak adanya tulisan pupuk bersubsidi dan produsennya tidak tertulis PT PKG. Namun dapat dipastikan para petani awam tidak akan menyadari perbedaan ini.

‘’Peredaran pupuk tersebut sudah cukup lama terjadi. PT PKG menyikapi ini  dengan mempertanyakan izin produksi pupuk tersebut ke pihak berwenang. Kami juga sudah membuat edaran soal pupuk yang merek dan kemasannya mirip produksi PT PKG, logonya juga ada gambar kerbaunya,’’ tegas Sigit.

Asisten Suoervisor, Gandhi Iskandar mengatakan di wilayah Klaten sendiri baru-baru ini sudah ditemukan penyalur yang menjual pupuk palsu. Para penyakur nakal akan ditegur dan disuruh membuat surat pernyataan mengenai kesediann mereka untuk tidak menjual pupuk palsu dan setuju untuk dicoret sebagai penyalur pupuk bersubsidi jika masih nekat menjual pupuk palsu.

Menurut Ghandi, kerjasama Pemkab Klaten dan Kepolisian dalam melakukan pengawasan peredaran pupuk bersubsidi di nilai cukup baik.

Pupuk palsu biasa dijual di daerah Klaten pinggiran seperti Juwiring, Wonosaei, Manisrenggo dan lainnya.

PT PKG juga telah menghimbau kepada para distributor untuk melakukan pengawasan kepada kios-kios dibawah mereka. Di Klaten sendiri terdapat 7 distributor resmi yang membawahi 157 kios penyalur pupuk subsidi dari PT PKG. Namun kewaspadaan para petani dalam menggunakan pupuk palsu juga dinilai sangat penting untuk mencegah peredaran pupuk palsu.

Related Posts