Empat Tanggul Rusak di Klaten akan Segera Diperbaiki

 Klaten, Solo Raya

image

KlatenUp – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan menyiapkan dana sebesar Rp 824 juta. Dana tersebut rencananya akan  digunakan untuk memperbaiki empat tanggul yang rusak di wilayah Klaten.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Klaten, Pramana Agus Wijanarka,  keempat tanggul tersebut berada di Sungai Kuning yang terletak di Kalikebo Kecamatan Trucuk, Sungai Babatan Karangtalun Kecamatan Karangdowo, Sungai Afour Padangan di Karangasem,  Cawas dan Sungai Kuninh di Wiro Kecamatan Bayat.

“Penguatan tanggul sungai yang kami lakukan berada di Sungai Kuning Kalikebo Kecamatan Trucuk; Sungai Babatan Karangtalun Kecamatan Karangdowo; Sungai Afour Padangan di Karangasem Kecamatan Cawas; Sunga Kuning di Wiro Kecamatan Bayat. Saat ini, kami sudah memiliki detail engineering design (DED) terkait rencana penguatan tanggul itu,” katanya.

Pramana menegaskan bahwa proyek penguatan tanggul ini sudah masuk dalam rencana proyek-proyek tahun sebelumnya. Keadaan keempat tanggul tersebut memang sudah rusak dan harus segera dilakukan perbaikan, jika tidak kerusakan akan menjadi semakin parah.

Perbaikan tanggul-tanggul ini sedang dalam tahap perencanaan, yang akan dilanjutkan dengan proses lelang pengerjaan dalam waktu dekat. Perbaikan keempat tanggul ini membutuhkan waktu 4-6 bulan.