Ternyata Mandi Air Dingin Bermanfaat Untuk Kesehatan

 Gaya Hidup, Kesehatan

Screenshot_6KlatenUp – Saat cuaca dingin, banyak orang memilih mandi dengan air hangat. Tetapi tahu kah anda , menurut para ahli mandi dengan air dingin banyak mengandung manfaat bagi kesehatan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi dengan air dingin:

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, mndi dengan air dingin ternyata dapat menurunkan berat badan dengan cara yang luar biasa. Menurut Joslin dari Diabetes Center, sebuah afiliasi Harvard Medical School, mengungkapkan bahwa lemak dalam tubuh manusia ada dua, yaitu lemak coklat dan lemak putih. Lemak putih tertimbun dalam tubuh dari banyaknya kalori yang kita makan. Semakin banyak kalori yang tertimbun maka lemak ini akan disimpan di pinggang, punggung bawah, leher, dan paha dan sulit sekali untuk dihilangkan. Kemudian lemak coklat, lemak ini ternyata punya manfaat baik bagi tubuh untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tubuh kita tetap hangat. Lemak ini akan semakin aktif ketika kita berada pada suhu dingin yang ekstrim. Dengan demikian, mandi air dingin dapat meningkatkan kinerja lemak coklat dalam tubuh kita, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Membersihkan Rambut dan Kulit

Berbeda dengan air hangat yang dapat membuat kulit kita kering, air dingin akan mengencangkan kutikula dan membuat pori-pori kulit tersumbat. Sehingga kulit akan terjaga kebersihannya karena kotoran tidak akan dapat masuk kedalam pori-pori kulit dan kulit kepala.

Meningkatkan Sistem Imun

Mandi air dingin ternyata dapat menetralkan tekanan darah serta meningkatkan sistem imun tubuh kita. Dengan mandi air dingin organ tubuh akan melakukan sirkulasi darah sehingga arteri lebih efisien memompa darah, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Related Posts