Hari Anti Tembakau, Ratusan Pelajar SMK Pakai Masker Massal

 Solo Raya, Sukoharjo

Hidup bahagia tanpa rokokSukoharjo, KlatenUp – Sebanyak ratusan siswa siswi SMK memakai masker secara massal dan berkumpul di kompleks Monumen Perjuangan Nasional yang berada di Proliman Sukoharjo, Kamis (30/5). Bukan tanpa tujuan tentunya. Aksi ini mereka lakukan untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar dengan memperingati Hari Anti Tembakau Sedunia.

Para pelajar ini adalah siswa dan siswi SMK Kriya Sahid Sukoharjo. Dengan memakai masker mereka menyebarkan brosur yang berisi tentang bahaya dari rokok. Di samping itu, mereka juga membagikan permen untuk menunjukkan ajakan megganti kebiasaan merokok dengan permen.

Dari Alun-alun Satya Negara, mereka melakukan longmarch menuju Monumen Perjuangan. Di sini para pelajar berikrar bersama-sama untuk menjauhi rokok. Dilanjutkan dengan kampanye dalam bentuk treatikal mereka kepada warga sekitar yang berisi ajakan untuk berhenti merokok.

Menurut Agus Widanarko, yang merupakan koordinator aksi ini, dia menjelaskan bahwa aksi ini ditujukan untuk memperingati Hari Anti Tembakau Sedunia yang jatuh pada, Jum’at (31/5). Tujuan aksi ini adalah mengajak para masyarakat untuk menjauhi rokok sedikit demi sedikit.

Selain itu, aksi mereka ini adalah bentuk keprihatinan mereka dengan merambahnya rokok ke pada anak-anak di Sukoharjo. Bukan ajakan berhenti merokok saja aksi mereka, aksi ini juga menekankan bahaya asap rokok bagi para perokok pasif yang rupanya memiliki dampak lebih besar daripada perokok aktif. Apakah anda masih merokok?.