HARGA BAWANG PUTIH FLUKTUATIF, Pedagang Resah

 Berita

KLATEN-Pedagang Sembilan bahan pokok (Sembako) di Pasar Klaten, mengeluh. Pasalnya beberapa hari ini harga bawang merah maupun bawang putih tidak stabil. Kondisi tersebut membuat para pedagang sulit menentukan harga jual.Salah seorang pedagang, Tarjo, mengatakan tidak stabilnya harga bawang tersebut sudah berlangsung sebulan terakhir. Menurutnya harga bawang mudah naik ataupun turun dalam waktu kurang dua hari. Padahal dalam dua hari barang dagangannya belum habis terjual.

Kita kulakkan dengan harga mahal, setelah dijual, keesokan paginya harga bawang menurun. Padahal jika kita ikut menurunkan harga kita akan rugi sendiri, ujar Tarjo, saat ditemui Solopos.com, di salah satu kios Pasar Klaten, Selasa (27/11/2012) siang.

Tarjo menambahkan saat ini harga bawang putih jenis kating per kilogram Rp23.000, menurutnya harga tersebut lebih rendah dibanding sepekan lalu yang mencapai Rp27.000 per kilogram. Sedangkan untuk bawang putih impor, harga per kilogramnya saat ini Rp13.000 lebih rendah dibanding sepekan lalu yang mencapai Rp17.000 setiap kilogramnya. Harganya itu naik turun, tidak bisa dikira-kira, harga tertinggi kemarin mencapai Rp27.000 per kilogram di tingkat pedangang. Sedangkan untuk pengecer harganya bisa mencapai Rp31.000 setiap kilogram, sambungnya.

Sedangkan untuk Bawang merah, Tarjo mengatakan perubahan harga tersebut tidak terlalu cepat seperti bawang putih, sehingga dirinya dan pedagang lain berani menjual bawang merah dengan jumlah banyak. Beberapa waktu lalu, mencapai Rp17.000 setiap kilogram, tetapi saat ini harga bawang merah sudah mulai stabil pada kisaran Rp13.000 per kilogram, tambah Tarjo.

Pedagang lain, Rubiyem, mengatakan naik turunnya harga bawang tersebut disebabkan karena persedian bawang di tingkat pedagang besar tidak stabil. Saat persedian bawang menipis harga bawang meningkat. Biasanya kita kulakan di Pasar Legi Solo, stok barang di pasar itu sangat berpengaruh sekali terhadap harga jual, ungkapnya.

Sementara itu, pantauan yang dilakukan Solopos.com, di Pasar Klaten, mendapati harga sayur-mayur yang lain masih stabil dan tidak mengalami perubahan harga yang berarti.

Sumber: http://www.solopos.com/2012/11/27/harga-bawang-putih-fluktuatif-pedagang-resah-351433