Pemkab Klaten Gelar Gerakan Bersih Sungai 2016

 Klaten, Solo Raya

image

KlatenUp – Ribuan orang yang terdiri dari warga masyarakat, relawan, pelajar, SKPD, TNI dan Polri berkumpul di Alun-alun Klaten, Sabtu (13/2) pagi. Mereka berkumpul guna berpartisipasi dalam Gerakan Kali Bersih 2016 yang digelar Pemkab Klaten.

“Hari ini kita melaunching Gerakan Kali Bersih yang mengusung tema Gelar Bersih kaliku, Klatenku Bersih, Hijau, Sehat dan Bebas Banjir,” kata Plt Sekda Klaten, Purwanto Anggono Cipto, Sabtu (13/2).

Dalam aksi ini sebanyak lima sungai akan menjadi target mereka untuk dibersihkan. Lima sungai ini adalah Kali Jalidin, Kali Kacang Ijo, Kali Jaliden, Kali Glogok dan Kali Lunyu.

Selain membersihkan sungai, diharapkan kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan sungai. Aksi ini juga diharapkan dapat menjadi motor penggerak masyarakat yang berada di kecamatan untuk melakukan hal serupa di sungai-sungai yang berada di sekitar mereka.

“Tentu saja melibatkan pejabat, agar tidak hanya mau dilayani, tetapi juga harus turun langsung ikut membersihkan. Kedepan, aksi ini akan diteruskan di tempat-tempat lain seperti sungai-sungai di kecamatan-kecamatan,” ujar Purwanto, yang juga Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Pembangunan tersebut.