RI dan China Bangun Kerjasama di Bidang Cyber

 Nasional

cybercrime-ilustrasiKlatenUp – Rencana kerjasama antara Indonesia dan China dalam bidang keamanan cyber sudah mencapai tahap pre-MoU (memorandum of understanding). Kerjasama ini akan meliputi berbagai operasi bersama, beberapa diantaranya yaitu simulasi perang cyber, respon dan mitigasi perang cyber, manajemen krisis cyber dan perencanaan bagi pemulihan data center apabila terkena serangan cyber.

Staf Ahli Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional Muchlis Ahmady di jakarta, Sabtu (23/1), mengatakan awal pekan ini pihaknya sudah mengadakan pertemuan dengan Badan Cyberspace China atau Cyberspace Administration of China terkait dalam pengembangan kapasitas bagi sumber daya manusia (SDM) pada bidang cyberspace di antara kedua negara.

Tak terlepas dari itu, banyak lagi bidang yang sedang direncanakan dalam kerjasama ini. Termasuk riset bersama dalam masalah keamanan cyber seperti kriptography atau kode rahasia, hukum cyber, termasuk juga terorisme dalam cyber dan pembalasan serangan cyber.