Suara Ledakan Gegerkan Warga Klaten, Solo dan Sukoharjo, Ini Dia Penyebabnya

 Berita, Klaten, Solo, Solo Raya, Sragen, Sukoharjo
Kecepatan pesawat sonic boom

Kecepatan pesawat sonic boom

KlatenUp – Warga di Klaten, Solo dan Sukoharjo hari ini digegerkan dengan suara ledakan misterius yang terdengar pada pukul 12.31 WIB. Pengguna media sosial juga banyak yang menginformasikan kejadian ini. Mereka mengaku kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi hingga bisa menyebabkan suara ledakan yang juga mengakibatkan tembok bergetar.

Peristiwa ini ternyata sudah dilaporkan oleh warga Karanganyar kepada pihak kepolisian setempat. Menurut AKBP Ade Safri Simanjuntak. Kapolres Karanganyar mengenai peristiwa ini, pihaknya mengaku sedang melakukan penyelidikan.

Suara ledakan terdengar di seluruh penjuru kota yakni Klaten, Solo, Sukoharjo, Sragen dan Karanganyar. Akibat suara ledakan ini alarm sebuah mobil berbunyi dan kaca serta tembok bangunan kantor bergetar dan menghebohkan warga Soloraya.

Netizen yang merasakan hal ini juga banyak memposting pertanyaan mengenai hal ini, Ada juga yang berspekulasi asal suara ledakan merupakan suara pesawat jatuh. Ada juga yang mengira jika suara tersebut akibat adanya gempa bumi. Bahkan ada juga netizen yang mengira suara tersebut tanda terjadinya kiamat.

Suara Berasal dari Efek Kecepatan Pesawat F16

Dandim 0727/Kra, Letkol Inf Yusran Yusuf mengungkapkan jika asal suara ledakan berasal dari pesawat F16 yang terbang dari Lanud Iswahyudi yang merupakan bagian dari latihan rutin. Menurutnya suara ledakan merupakan efek dari kecepatan sonic boom yang kecepatanya melebhi kecepatan suara.

Saat pesawat melintasi pegunungan Lawu, pesawat menggunakan kecepatan tinggi yang dinamakan sonic boom yang menimbulkan suara ledakan. Yusran juga menegaskan bahwa tidak ada pesawat yang jatuh dan meminta warga masyarakat tetap tenang karena tidak terjadi apa-apa.