Indonesia Menjadi Importir BBM Terbesar di Dunia

 Nasional

impor bbmKlatenUp – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) Indonesia sangat tinggi mencapai 1,8 juta barel perhari. Sedangkan, produksi minyak dalam negeri hanya mencapai 800 ribu barel perhari. Atas dasar itu, Indonesia harus impor minyak 1 juta barel perhari, sebanyak 700 ribu di antaranya adalah BBM. Ini membuat Indonesia menjadi importir BBM terbesar di dunia.

Indonesia menjadi importir terbesar BBM di dunia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Dirinya menambahkan kebutuhan minyak termasuk BBM di Indonesia yang sangat tinggi, yaitu mencapai 1,8 juta barel perhari dan produksi minyak dalam negeri yang hanya 800 ribu barel perhari, mengharuskan Indonesia untuk melakukan impor minyak sebesar 1 juta barel perharinya. Dan 700 ribu diantaranya adalah BBM.

Menurut dia, hal ini sangat mencemaskan. Dengan fokus pemerintah yang sedang meningkatkan pertumbuhan ekonomi, hal ini akan menjadi beban tersendiri untuk mencapai tujuan tersebut.

Sudirman menambahkan, meskipun Indonesia mempunyai gas bumi yang sebar sebagai ganti minyak bumi. Tetapi pelaksanaan infrastruktur pengolahan gas di Indonesia sangat lambat. Hal ini menjadikan BBM sebagai konsumsi alternatif.

“Ini menyebabkan posisi kedaulatan energi makin berat. Malah ada beberapa referensi yang bilang kita diambang krisis energi,” pungkas Sudirman Said.

Related Posts