Sebanyak 22 Siswa Tingkat SMP di Klaten Tidak Lulus UN

 Klaten, Solo Raya

Klaten, KlatenUp – Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di seluruh Kabupaten Klaten umumnya telah terlaksana dengan baik. Lalu, bagaimana dengan pengumuman hasil UN para siswa tingkat SMP di Kabupaten Klaten?. Menurut Ketua Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Klaten, Wahono, dari 16.122 siswa yang mengikuti UN tingkat SMP, ada sebanyak 22 siswa di antaranya yang dinyatakan tidak lulus UN.

Ilustrasi kelulusan UN

Ke22 siswa yang tidak lulus tersebut, 20 siswa berasal dari SMP negeri dan dua siswa lainnya dari SMP swasta. Semua siswa dari MTS negeri maupun swasta lulus semua. Jika dibandingkan dengan UN tingkat SMP pada tahun-tahun yang lalu, tingkat ketidaklulusan siswa tingkat SMP yang tahun ini berjumlah 22 orang masih lebih baik dari tahun lalu, yaitu sebanyak 82 siswa tidak lulus UN tahun 2012.

Meskipun ada beberapa siswa yang dinyatakan tidak lulus pada UN tahun ini, prosentase kelulusan bagi siswa tingkat SMP di Kabupaten Klaten masih melebihi perhitungan prosentase pada tingkat Provinsi Jawa Tengah dan prosentase pada tingkat nasional. Sehingga hasil UN tingkat SMP tahun ini dinilai cukup menggembirakan.

Lebih lanjut, Wahono menerangkan, pada tingkat nasional didapatkan angka kelulusan sebesar 99,55%. Kemudian prosentase kelulusan pada tingkat Provinsi Jawa Tengah sebesar 99,77%. Di Kabupaten Klaten sendiri, kelulusan siswa baik dari SMP dan juga MTS melebihi nilai prosentase diatas, yaitu sebesar 99,86%.

Pengumuman diambil para orangtua atau wali siswa di sekolahnya masing-masing, Sabtu (1/6), sore. Wahono mempunyai alasan tersendiri tentang ini.  Hasil UN sebenarnya telah dibagikan kepada para Kepala Sekolah masing-masing, Sabtu (1/6) pagi, tetapi untuk alasan keamanan dan menghindari adanya aksi konvoi kelulusan dan corat-coret seragam, diputuskan bahwa pengumuman kelulusan UN dilakukan pada sore hari.

Khusus bagi para siswa yang tidak lulus dalam UN tahun ini, masih diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian kelompok belajar (kejar) paket B yang akan diadakan pada awal bulan Juli yang akan datang. Para siswa yang tidak lulus dapat melakukan pendaftaran kejar paket B ini di kantor Disdik Kabupaten Klaten pada bagian Pendidikan Non Formal.