Kegiatan Poskamling Banjarsari akan Diaktifkan Kembali

 Solo, Solo Raya

image

SOLO, KlatenUp – Lantaran Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) yang justru dialih fungsikan menjadi gudang, tempat berjualan dan bahkan ada yang jadi rumah makan. Polsek Banjarsari, solo melakukan sosialisasi dengan cara mengajak warga masyarakat di Kelurahan Kadipiro Solo, Selasa(2/2) agar menggiatkan kembali program Poskamling.

Kanit Binmas Polsek Banjarsari, AKP Iga Hartini, mengatakan dengan sosialisasi kepada warga masyarakat diharapkan dapat mengembalikan fungsi Poskamling sebagai sistem keamanan terpadu masyarakat dari tingkat RT dan RW di Kecamatan Banjarsari yang telah banyak beralih fungsi.

Kanit Binmas Polsek Banjarsari, AKP Iga Hartini mengatakan, ajakan untuk mengembalikan Poskamling di Kecamatan Banjarsari terus disosialisasikan kepada warga. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi Poskamling di RT dan RW sebagai langkah sistem keamanan terpadu berbasis masyarakat.

“Kita kembalikan fungsi Poskamling menjadi aktif kembali dengan cara sosialisasi” katanya.

Untuk merealisasikan tujuannya, Forum Kemitraan Polisi Masyrakat (FKPM) dari 28 RW dari 34 RW yang berada di Kelurahan Kadipiro dilibatkan untuk mengajak warga mengaktifkan kembali Poskamling.

Selama ini Poskamling dinilai cukup efektif dalam mengurangi tindak kejahatan di Banjarsari. Khususnya dalam mengurangi tindak pencurian dan perampokan  di kawasan ini.

“Adanya Poskamling ini kan cukup efektif untuk menekan angka kejahatan, karena kondisi kampung bisa dipantau oleh masyarakat sendiri, dengan begitu siapa yang memiliki biat jahat akan berpikir ulang untuk melakukan niatnya,” katanya.

Dari hasil survey yang dilakukan pihaknya, di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari mempunyai 193 Poskamling namun hanya 70 persen yang aktif. Menurutnya hal ini sangat membantu menurunkan  tindak kejahatan diwilayah tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Kelurahan Kadipiro, Cahyo Pamuji menyatakam tidak adanya Poskamling yang beralih fungsi di desanya. Tetapi diakuinya memang banyak Poskamling yang sudah tidak aktif.

“Keaktifan warga memang berkurang, karena warga lebih dinamis dan lebih sibuk,” katanya.