Pajak Galian C Tak Cukup untuk Perbaikan Jalan

 Sosial


KLATEN Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak penambangan Galian C dari lereng Gunung Merapi tidak sebanding dengan kerusakan jalan yang diakibatkannya.

Kepala Bidang PAD Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Andrainto, mengatakan realisasi PAD dari sektor pajak penambangan Galian C hingga Oktober 2012 baru mencapai Rp426,4 juta dari target senilai Rp750 juta. Dengan begitu, pemenuhan target PAD dari sektor pajak Galian C menyisakan Rp323,6 juta. Ada beberapa faktor penyebab tidak maksimalnya penarikan pajak. Ada ratusan truk pengangkut pasir dan batu yang melintasi Klaten setiap harinya, tapi tidak semua sopir truk itu bersedia membayar pajak di setiap tempat pemungutan di Klaten, ujar Andrainto kepada Solopos.com, Jumat (23/11/2012).

Andrainto menjelaskan, selama ini penarikan pajak penambangan Galian C di Klaten dilakukan di tiga titik yakni Mipitan, Jiwan, dan Mendu. Tiga titik tempat pemungutan pajak itu menyasar semua truk pengangkut pasir dan batu dari alur Kali Woro di Kecamatan Kemalang maupun di Kali Gendol. Sejumlah pengemudi truk mengaku sudah membayar pajak di tempat pemungutan di kawasan Sleman sehingga enggan membayar pajak yang sama di Klaten. Sesuai UU perpajakan, penarikan pajak yang sama di dua daerah yang berbeda itu tak bisa dilakukan. Karena para sopir itu menunjukkan karcis sebagai bukti pembayaran pajak di Sleman, mereka bebas pajak di Klaten, papar Andrainto.

Andrainto mengakui PAD dari sektor penambangan Galian C tidak sebanding dengan kerusakan jalan yang diakibatkannya. Menurutnya pajak tersebut tak akan cukup digunakan untuk memperbaiki kerusakan jalan yang ada. Klaten itu sebenarnya rugi. Setiap hari ratusan truk bertonase tinggi melintasi Klaten dan mengakibatkan kerusakan jalan. Akan tetapi, pajak yang masuk ke kas daerahh ternyata tidak seberapa besar, katanya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Adib Santosa, dalam sidang paripurna DPRD Klaten belum lama ini, mengatakan perbaikan jalan di sepanjang jalur angkutan tambang Galian C perlu mendapat perhatian dari Pemkab Klaten. Akan tetapi, Pemkab Klaten dinilainya perlu menetapkan jalur khusus untuk truk angkutan tambang tersebut. Jika ada jalur khusus, kerusakan jalan bisa lebih tersentral dan pemilihan bahan kontruksi jalan bisa lebih tepat, tutur Adib.

Sumber: http://www.solopos.com/2012/11/23/pajak-galian-c-tak-cukup-untuk-perbaikan-jalan-350332

Related Posts