Jaga Ekosistem Sungai Pemkab Klaten Tebar Benih Ikan

 Klaten

menyebar-benih-ikan-di-sungai-768x432KlatenUp РSejumlah 770.000 ekor benih ikan disiapkan Pemerintah Kabupaten Klaten untuk disebar di sejumlah sungai yang berada di lima kecamatan. Penyebaran benih ikan ini dilakukan Dinas Pertanian Klaten di sejumlah desa diantaranya Desa Wadunggetas Kecamatan Wonosari, Desa Pandeyan Kecamatan Jatinom, Desa Kupang Kecamatan Karangdowo, Desa Kotesan Kecamatan Prambanan, Belangwetan Kecamatan Klaten Utara.

Penyebaran benih ikan di Desa Wadunggetas Kecamatan Wonosari telah dilakukan pada Senin, (6/6). Disusul Desa Kupang Kecamatan Karangdowo dilakukan hari ini, Selasa (7/6). Sedangkan untuk desa lainnya dijadwalkan pada hari-hari berikutnya.

Dinas Pertanian Klaten berharap dengan penyebaran benih ikan ini keseimbangan ekosistem perairan di Sungai yang berada di Kabupaten Klaten dapat terjaga dengan baik. Disamping itu ketersediaan ikan yang ada di perairan umum akan bertambah banyak.

Meski demikian peran serta masyarakat dalam menjaga ekosistem sungai dengan cara tidak melakukan perusakan kelestarian lingkungan adalah lebih utama. Banyak ditemukan penangkapan ikan sungai dengan cara diracun, strum yang kenyataanya dapat merusak ekosistem ikan di sungai.

Masyarakat dihimbau untuk dapat ikut aktif dalam menjaga dan mengawasi kelestarian lingkungan. Sehinga benih ikan yang disebar dapat tumbuh menjadi besar dan berkembang biak sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.