Asteroid Hantu Akan Melewati Bumi Hari Ini

 Dunia

image

HAWAII – Halloween tahun ini akan dimeriahkaan dengan sebuah asteroid besar yang  disebut-sebut bakal “menghantui” penduduk bumi, Sabtu (31/10/2015) malam ini. Disebut “hantu” karena asteroid yang diberi label 2015 TB145 ini bentuknya mirip dengan tengkorak raksasa dan diperkirakan merupakan komet yang sudah mati.

Asteroid ini menjadi yang pertama yang dapat diamati secara dekat dari Bumi menjelang kematianya. Diperkiraan diameternya mencapai 600 meter dan bergerak mendekati Bumi-Bulan dengan kecepatan sekitar 126.000 km/jam. Menurut NASA, ini laju asteroid ini tergolong lebih cepat dari biasanya.

Dalam artikel yang ditulis Scott Sutherland, seorang ahli meteorologi, yang diterbitkan theweathernetwork.com, Jumat (30/10/2015), asteroid ini diprediksi segera mendekati Bumi malam ini pada pukul 00.00 WIB. Sebenarnya, asteroid hantu ini sudah terdeteksi pada 10 Oktober 2015 oleh the Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System (Pan-STARRS) di Gunung Haleakala, Hawaii. Sejak itu, jalur asteroid ini terlihat makin dekat dengan Bumi.

“Lepas pukul 00.00 WIB nanti, jarak terdekat asteroid ini dengan bumi hanya 486.800 km atau hanya lebih panjang 100.000 km dari orbit Bulan. Sekitar dua jam sebelumnya, asteroid akan mendekati Bulan dengan jarak 286.100 km,” tulisnya.

NASA menggolongkan asteroid ini sebagai objek yang memopunyai jarak sangat dekat dengan bumi dan dimasukan dalam kategori asteroid yang mempunyai potensi membahayakan bumi. Namun karena hanya mendekati Bumi dan menjauh dari orbit Bulan, asteroid ini tidak menimbulkan bahaya.