Dana Jamkesda Klaten Habis Bulan Depan

 Klaten, Solo Raya

KlatenUp – Pada bulan Juli mendatang, dana yang dipersiapkan untuk melayani Jaminan Kesehatan Daerah diperkirakan akan habis. Alokasi dana dari APBD tahun 2013 khusus untuk jamkesda senilai 4 Milliar rupiah ternyata tidak mencukupi untuk bulan depan.

Jamkesda Klaten

Menurut Ronny Roekmito yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Klaten, pembengkakan anggaran Jamkesda ini diakibatkan bertambah banyaknya pasien penyakit golongan katastropik yang ternyata tidak mendapat pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang merupakan program pemerintahan pusat. Oleh karenanya banyak para pasien ini menggunakan dana Jamkesda Kabupaten Klaten walaupun seharusnya penyakit yang tergolong katastropik ini seharusnya mendapat pelayanan kesehatan gratis dari Jamkesmas pusat.

Hingga kini tercatat 108 pasien yang menderita penyakit yang tergolong Katastropik, yang terdiri dari 78 pasien penderita gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah (hemodialisa), perawatan bagi 20 pasien sakit jiwa dan 10 pasien penderita kelainan gen pada darah karena pembekuan darah (hemofilia).

Ronny menambahkan pihaknya bekerja dengan dasar kemanusiaan, misalnya dalam penanganan penyakit katastropik dalam hal ini gagal ginjal yang tidak mungkin berhenti sementara untuk melakukan cuci darah karena tidak adanya jaminan kesehatan gratis (jamkesmas) dari pemerintah pusat.

Dengan demikian Ronny dapat memastikan bahwa dana Jamkesda senilai Rp 4 Milliar dalam APBD Klaten 2013 tidak akan cukup untuk melakukan pembiayaan selama setahun penuh. Menurutnya dana jamkesda akan habis pada bulan Juli mendatang. Pihaknya juga telah mengusulkan untuk melakukan penambahan dana Jamkesda sebesar Rp 3 Milliar yang akan dibahas dalam APBD Perubahan 2013 melalui Badan Anggaran DPRD.

Related Posts