Mr. Bibbo Uji Coba Starlink di Klaten, Bukti Nyata Internet Cepat untuk Daerah Terpencil?

 Berita

Klaten, Jawa Tengah – Layanan internet satelit Starlink milik SpaceX resmi hadir di Indonesia sejak 20 Mei 2024. Hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat, khususnya di daerah terpencil yang selama ini kesulitan mengakses internet berkecepatan tinggi dan stabil.

Baru-baru ini, seorang warga Klaten bernama Bapak Bibbo (inisial) menjadi perbincangan hangat setelah melakukan uji coba Starlink di kediamannya. Uji coba ini menarik perhatian karena menunjukkan potensi Starlink dalam mengatasi kesenjangan akses internet di Indonesia.

Menurut penuturan Bapak Bibbo, ia termotivasi untuk melakukan uji coba ini karena keterbatasan akses internet yang dialaminya. Beliau merasa kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan koneksi internet stabil, seperti berbisnis online atau mengakses layanan pendidikan daring.

Keberhasilan uji coba Starlink di Klaten menunjukkan beberapa hal penting:

  • Starlink mampu menghadirkan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah di daerah terpencil. Hal ini terbukti dari pengalaman Bapak Bibbo yang mendapatkan kecepatan internet hingga 200 Mbps selama uji coba.
  • Starlink dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan akses internet di Indonesia. Masih banyak daerah di Indonesia, terutama di pedesaan dan wilayah terluar, yang belum memiliki akses internet yang memadai. Starlink berpotensi menjangkau daerah-daerah tersebut dan memberikan akses internet yang lebih baik bagi masyarakat.
  • Uji coba Starlink di Klaten membuka peluang bagi pengembangan teknologi internet satelit di Indonesia. Diharapkan uji coba ini dapat mendorong pemerintah dan pihak terkait untuk mendukung pengembangan teknologi ini di Indonesia.

Meskipun uji coba Starlink di Klaten menunjukkan hasil yang positif, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Biaya berlangganan Starlink masih tergolong tinggi. Saat ini, biaya berlangganan Starlink di Indonesia sekitar Rp 7.800.000 untuk paket residensial per bulan. Hal ini mungkin menjadi kendala bagi sebagian masyarakat.
  • Ketersediaan perangkat Starlink masih terbatas. Saat ini, perangkat Starlink hanya dapat dibeli secara online melalui situs web resmi Starlink.

Meskipun demikian, kehadiran Starlink di Indonesia patut diapresiasi sebagai langkah maju dalam upaya meningkatkan akses internet bagi seluruh masyarakat. Uji coba Starlink di Klaten menunjukkan bahwa teknologi internet satelit memiliki potensi besar untuk mengatasi kesenjangan akses internet dan membuka peluang baru bagi masyarakat di daerah terpencil.