2013, Pasar Desa Sidowarno Difungsikan

 Berita

Klaten Pasar Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten yang baru akan difungsikan pada 2013 mendatang. Saat ini pengerjaannya telah selesai sekitar 80 persen.

Dari rencana total 41 kios ukuran 3X6 meter, saat ini sudah terealisasi 35 kios. Sisanya pertengahan tahun 2013 sudah selesai dan siap difungsikan, kata Kepala Desa Sidowarno, Rujito Suprayogo, Kamis (8/11).

Rujito mengatakan, pembangunan pasar desa yang berlokasi di Dukuh Sidowarno dan Dukuh Ngunut itu menelan biaya Rp369 juta yang merupakan anggaran dari desa dibantu swadaya. Dimana setiap kiosnya dianggarkan Rp 9 juta.

Pasar desa itu akan dijadikan pasar harian. Namun demikian ada hari pasaran khusus, yakni setiap Pahing. Didalamnya nanti juga akan dilengkapi pasar hewan, ujarnya.

Rujito menjelaskan, keberadaan pasar desa itu nantinya diperuntukkan bagi warganya, pengelola tanah yang saat ini didirikan pasar, perangkat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berminat. Mengenai kisaran harga antara Rp 12,5 juta per kios hingga Rp 15 juta per kios.

Pembayaran kios bisa dengan uang muka 50 persen dari harga resmi. Sedangkan kekurangannya bisa dicicil Rp 250 ribu per bulan. Namun untuk perangkat desa dan BPD ada harga khusus untuk kios, yakni separuh dari harga resmi. Misal kios seharaga Rp 15 juta maka dibayar Rp 7,5 juta, jelas Rujito.

Rujito menjelaskan, harga khusus bagi perangkat desa dan BPD itu sebagai tanda tali asih bagi mereka atas pengabdiannya. Mengingat sebagian dari mereka jabatannya juga hampir habis. Paling tidak biar untuk usaha masa tuanya, katanya.

Rujito menambahkan, hingga saat ini peminat yang ingin membuka kios di pasar desa tersebut membludak. Tidak hanya dari warga Desa Sidowarno saja namun dari desa-desa tetangga.

Tentunya tidak semuanya bisa dikabulkan. Yang paling penting warga Desa Sidowarno terlebih dahulu. Kami berharap dengan adanya pasar desa itu akan membantu perekonomian warga agar lebih meningkat, imbuhnya.

Sumber: http://www.timlo.net/baca/44101/2013-pasar-desa-sidowarno-difungsikan/