Google Doodle Hari Ini Memperingati Lahirnya Amrita Sher-Gil

 Dunia

image
KlatenUp – Google Doodle selalu memperingati para tokoh-tokoh dunia yang mungkin belum dikenal oleh orang kebanyakan. Hari ini Google mengganti logonya guna memperingati hari kelahiran Amrita Sher-Gil, yang lahir 30 Januari 1913 di Budapest, Hungaria dan meninggal pada 5 Desember 1941.

Amrita Sher-Gil adalah seorang pelukis yang sangat terkenal di India. Bahkan Ia dikenal dengan Frida Kahlo-nya India karena lukisanya yang hebat.

Seni lukisan Sher-Gil telah melahirkan para pelukis hebat India, dari Sayed Haider Raza  hingga Arpita Singh. Karya lukisannya yang menggambarkan nasib para perempuan, menjadikan karyanya menjadi marcusuar bagi para wanita baik di India maupun luar negeri.

Pemerintah India menetapkan hasil karya Sher-Gil sebagai National Treasure Arts. Sebagian hasil lukisannya kini disimpan di National Galery of Modern Arts di New Delhi, India.

India Post pernah merilis perangko yang menggambarkan hasil karyanya “Hill Women” pada 1978. Nama Amrita Shergill Marg juga disematkan pada sebuah jalan yang berada di Lutyens, Delhi. Dan pada 2006, lukisan Shergill yang bertema ‘Village Scene’ dilelang di New Delhi dan berhasil dijual dengan harga  ₹ 6,9 crores, Nilai tertinggi pada saat itu yang dibayarkan untuk sebuah lukisan.