Toko Ritel Modern di Klaten Sudah Menerapkan Kantong Plastik Berbayar

 Nasional

image

KlatenUp – Penerapan kantong plastik berbayar sudah dimulai sejak tanggal 21 Februari lalu di toko ritel modern khususnya di kawasan Kabupaten Klaten. Setiap konsumen yang belanja dan menghendaki kantong plastik untuk membawa barang belanjaannya akan dikenakan biaya Rp 200 per lembar plastik.

”Pemberlakuan kantong plastik berbayar sudah dimulai awal pekan lalu,” kata Diah, kasir pada toko Alfamart di Jl Yogya-Solo, Ceper, seperti dilansir dari SuaraMerdeka.com, Sabtu (27/2).

Kini saat konsumen akan membayar barang belanjaannya, kasir akan menanyakan kepada konsumen untuk memakai kantong plastik berbayar atau tidak. Beberapa warga rela membayar dan ada pula yang memilih membawa barang belanjaannya dengan tangan tanpa membayar kantong plastik. Namun sejauh ini belum ada masyarakat yang mempersoalkan hal ini secara langsung.

Besaran nominal harga kantong plastik juga tertera pada struk belanjaan. Sehingga konsumen dapat mengetahui dengan jelas berapa harga kantong plastik perlembarnya. Beberapa konsumen menilai hal ini bukanlah sebuah masalah. Namun jika hal ini disalah gunakan oleh penjual, konsumen akan merasa terbebani.

Kebijakan yang telah berlaku di toko ritel modern ini ternyata belum berlaku di toko kelontong dan pasar tradisional. Bahkan beberapa pemilik toko kelontong mengaku belum mengetahui kebijakan kantong plastik berbayar ini.

Diakui oleh Kepala Kantor Badan Lingkungan Hidup Klaten, Tajudin Akbar, jika memang kebijakan kantong plastik berbayar baru berlaku untuk toko ritel modern dalam sekala nasional dan belum berlaku kepada pedangan pasar dan toko kelontong.

Seperti diketahui sebelumnya jika kebijakan kantong plastik berbayar merupakan gerakan pemerintah untuk mengurangi limbah kantong plastik bekas. Diharapkan dengan berlakunya kebijakan ini, masyarakat dapat membawa plastik sendiri untuk membawa barang belanjaan mereka dan menyimpan plastik itu kembali untuk membawa barang belanjaan setelahnya. Sehingga sampah kantong plastik bekas dapat diminimalisir.