Peneliti Kembali Menemukan Manfaat Luar Biasa dari ASI

 Gaya Hidup, Kesehatan

image

KlatenUp – Begitu banyak manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa ASI mempunyai banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencerdaskan otak, hingga melindungi bayi dari berbagai penyakit. Di Indonesia pemberian ASI untuk bayi sangat disarankan oleh para dokter hingga umur dua tahun.

Pentingnya ASI untuk bayi kembali dibuktikan dengan ditemukannya protein laktoferin dalam kandungan ASI. Dalam penelitian yang dilakukan oleh National Physical Laboratory (NPL) dan University College London protein laktoferin terbukti sangat efektif membunuh bakteri, jamur dan virus.

Kandungan yang luar biasa ini kemudian di pecah menjadi fragmen-fragmen kemudian diidentifikasi kembali, sehingga peneliti dapat membuat obat antibiotik yang dapat mengenali dan menargetkan hanya kepada bakteri tertentu dan membunuhnya tanpa berefek pada sel-sel manusia yang ada di sekitar bakteri tersebut.

Hasan Alkassem, seorang mahasiswa yang terlibat dalam proyek ini mengatakan, “Kapsul bertindak sebagai proyektil, dengan kecepatan peluru dan efisiensi.”

Dengan obat rekayasa daei ASI ini dapat menjadi pembuka jalan dalam mengobati penyakit-penyakit yang tidak bisa disembuhkan sebelumnya, seperti cell disease, cystic fibrosi atau Duchenne muscular dystrophy.

Dengan demikian tidak bisa kita pungkiri lagi berjuta manfaat ASI bagi awal kehidupan bayi.