Warga Kemudo Gotong Royong Bangun Rumah Pak Tunggal

 Klaten

image

Klaten – Tunggal Sudibyo (50) warga Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, yang selama ini tidak mempunyai rumah kini dapat sedikit tersenyum bahagia. Pasalnya pria yang keseharianya bekerja sebagai buruh serabutan ini sedang dibuatkan sebuah rumah secara gotong royong oleh warga sekitar rumahnya.

Menurut warga sekitar, Tunggal selama ini tinggal menumpang di rumah tetangganya. Karena rumah yang selama ini ditempatinya telah laku dijual, dia terpaksa harus pindah dengan tenggat waktu hingga akhir Januari.

Melihat keadaan ini, warga berinisiatif uhntuk membuatkan rumah untuk Tunggal. Niat inipun disambut baik oleh seorang warga tetangga desa (Beji) yalni Pak Warnoyo (75) yang menyediakan tanah untuk didirikan bagunan dengan syarat rumah dibangun semi permanen.

Tunggal sebelumnya berdomisili di Lampung, dia hidup bersama Istri dan ketiga orang anaknya.

Kepala Desa (Kades) Kemudo, Hermawan Kristanto mengapresiasi warga yang telah bahu membahu membantu dengan dasar kepedulian antar sesama. Dengan demikian Rumah baru tanggul dapat berdiri tanpa memperberat kondisi ekonomi Tanggul.

Hingga kini rumah Tanggul masih berbentuk rangka dengan luas kueang leboh 8 x 5 meter persegi. Beberapa warga masih terlihat sibuk bergotong royong  membangun rumah Tanggul.

“Alhamdulillah warga di sini peduli. Saya masih diberi kesempatan untuk tinggal di Kemudo. Semoga kebaikan dapat dibalas Gusti Allah,” ucap Tunggal seraya menyiapkan teh dan kopi.