Ini Dia Fitur Mobil Canggih Anti-Tabrakan Honda

 Teknologi

honda-civic_600x0wTokyo, KlatenUp – Baru-baru ini Honda mengenalkan sistem mobil canggih Anti-Tabrakan. Teknologi ini adalah bukti realisasi Honda yang ingin mewujudkan lalu lintas bebas tabrakan. Fitur ini diberi nama Sensing driver-assistive, yang kabarnya akan segera ditanamkan pada beberapa mobil  Honda keluaran akhir 2014 mendatang. Lalu, apa dan bagaimana cara kerja yang sebenarnya dari system Sensing driver-assistive ini?

Sistem Sensing adalah sebuah sensor yang menggunakan radar gelombang milimeter dan kamera monokuler untuk mendeteksi objek benda atau bahkan pejalan kaki yang ada di depan saat mobil melaju. Ada lima fungsi utama dari teknologi terbaru Honda ini yang tentunya akan menghindarkan mobil dari bahaya kecelakaan lalu lintas.

Collision Mitigation Braking

Fungsi dari Collision Mitigation Braking  adalah memberikan suatu peringatan melalui media audio dan visual ketika system mendeteksi adanya potensi tabrakan. Tidak hanya itu saja, jika pengemudi yang mendapatkan peringatan ini mengalami kegagalan dalam merespon peringatan yang diberikan, maka system akan secara otomatis melakukan pengereman untuk mencegah atau mengurangi resiko erjadinya kecelakaan lalu lintas.

Road Departure Mitigation

Fungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mobil keluar dari jalurnya. Peringatan ini berupa peringatan audio dan roda kemudi yang bergetar. Bila pengemudi gagal merespon, maka system secara otomatis akan mengarahkan mobil kembali kejalur. Jika mobil menyimpang terlalu jauh maka sistem rem otomatis akan aktif.

Pedestrian Collision Mitigation Steering

Fungsi untuk membaca situasi ketika mobil menuju garis samping dan mempunyai potensi menabrak pejalan kaki. Mobil akan otomatis mengarah keluar dari jalan untuk mencegah tabrakan. Menggunakan sensor gelombang radar dan kamera.

False Start Prevention Function

Membaca lampu stop pada kendaraan di depan. Ini membantu saat pengemudi sedang melaju kencang, tapi ada kendaraan di depan. Mobil akan  memberikan audio dan peringatan visual serta getaran pada pedal gas.

 Lead Car Departure Notification

Menyediakan informasi melalui audio dan visual bila situasi jalan akan bertemu dengan kemacetan lalu lintas.

Bagaimana? Hebat bukan tekologi pengamanan ini memang sangat dibutuhkan untuk kondisi jalan raya yang semakin penuh dengan mobil.